Rabu, 21 November 2012

PETA SEBARAN BAHAN GALIAN DI INDONESIA


Nama      : Argi saputra
Nim/ BP  : 1109042/2011
Matkul   : Genesa Bahan Galian
Jurusan  : Teknik pertambangan UNP


Sumberdaya alam di Indonesia adalah segala potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi. Sumberdaya alam ialah semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Jumlah dan kualitas sumberdaya alam sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah. Selain itu, kualitasnya pun sangat bagus sehingga dapat diekspor ke berbagai negara sehingga dapat memenuhi devisa negara. Jenis sumberdaya alam yang diekspor meliputi minyak bumi, gas alam dan bahan tambang lainnya. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pariwisata dan hasil industri lainnya juga dapat diekspor ke luar negeri untuk berbagai kepentingan.
Sumberdaya alam hayati terdiri dari sumberdaya alam hewani dan nabati.
· Sumberdaya alam nabati. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumberdaya alam, dianugerahi tanah yang subur sehingga tumbuhan dapat tumbuh dengan sempurna. Wilayah flora di Indonesia meliputi Hutan Tropis, Hutan Musim, Stepa, dan Sabana.
·           Sumberdaya alam hewani. Pada umumnya persebaran fauna di Indonesia dibagi 3 wilayah yaitu, wilayah Indonesia bagian Barat, Indonesia bagian Tengah, dan Indonesia bagian Timur. Ketiganya dibatasi oleh garis Wallace dan garis Weber. Bagian Barat lebih cenderung mengikuti ragam hewan Asia, sedangkan bagian Timur mengikuti ragam hewan Australia. Ciri-ciri khusus hewan Indonesia terdapat pada wilayah bagian tengah.
Sumberdaya sedimen tersebar di darat dan laut atau perairan.
Image:tambang sear.JPG
Hasil bahan tambang negara Indonesia antara lain minyak bumi, bauksit (bijih alumunium), batu bara, besi, timah, emas, tembaga, nikel, marmer, mangan, aspal, belerang, dan yodium. Berikut ini daerah persebarannya.

􀂙 Minyak bumi

Ada banyak tambang minyak bumi di Indonesia. Daerahdaerah penghasil tambang minyak sebagai berikut.
1. Tambang minyak di pulau Sumatera terdapat di Aceh (Lhoksumawe dan Peureula); Sumatera Utara (Tanjung Pura); Riau (Sungaipakning, Dumai); dan Sumatera Selatan (Plaju, Sungai Gerong, Muara Enim).
2. Tambang minyak di pulau Jawa terdapat di Wonokromo, Delta (Jawa Timur); Cepu, Cilacap di (Jawa Tengah); dan Majalengka, Jatibarang (Jawa Barat).
3. Tambang minyak di pulau Kalimantan terdapat di Balikpapan, Pulau Tarakan, Pulau Bunyu dan Sungai Mahakam (Kalimantan Timur) serta Amuntai, Tanjung, dan Rantau (Kalimantan Selatan)
4. Maluku (Pulau Seram dan Tenggara), serta
5. Irian Jaya (Klamono, Sorong, dan Babo).

􀂙 Bauksit (bijih aluminium)

Penambangan bauksit berada di daerah Riau (Pulau Bintan) dan Kalimantan Barat (Singkawang).

􀂙 Batu bara

Penambangan batu bara terdapat di Sumatera Barat (Ombilin, Sawahlunto), Sumatera Selatan (Bukit Asam, Tanjungenim), Kalimantan Timur
(Lembah Sungai Berau, Samarinda), Kalimantan Selatan (Kotabaru/Pulau Laut), Kalimantan tengah (Purukcahu), Sulawesi Selatan (Makassar), dan Papua (Klamono).


Gambar: sebaran batubara di indonesia


                                                                                                                                                      

􀂙 Besi

Penambangan besi terdapat di daerah Lampung (Gunung Tegak), Kalimantan Selatan (Pulau Sebuku), Sulawesi Selatan (Pegunungan Verbeek), dan Jawa Tengah (Cilacap).

􀂙 Timah

Penambangan timah terdapat di daerah Pulau Bangka (Sungai Liat), Pulau Belitung (Manggara), dan Pulau Singkep (Dabo).

􀂙 Emas

Penambangan emas terdapat di daerah Nangroe Aceh Darussalam (Meulaboh), Riau (Logos), Bengkulu (Rejang Lebong), Sulawesi Utara (Bolaang Mongondow, Minahasa), Kalimantan Barat (Sambas), Jawa Barat (Cikotok, Pongkor), dan Freeport (Timika, Papua).

Gambar: sebaran bahan emas di indonesia

􀂙 Tembaga

Penambangan tembaga terdapat di daerah Irian Jaya (Tembagapura).

􀂙 Nikel

Ditambang dari daerah Sulawesi Tenggara (Soroako).

􀂙 Marmer

Ditambang dari daerah Jawa Timur (Tulungagung), Lampung, Makassar, Timor.

􀂙 Mangan

Ditambang dari daerah Yogyakarta (Kliripan), Jawa Barat (Tasikmalaya), dan Kalimantan Selatan (Martapura).

􀂙 Aspal

Ditambang dari daerah Sulawesi Tenggara (Pulau Buton).

􀂙 Belerang

Ditambang dari daerah Jawa Barat (Gunung Patuha), Jawa Timur (Gunung Welirang).

􀂙 Yodium

Ditambang dari daerah Jawa Tengah (Semarang), Jawa Timur (Mojokerto).
Perusahaan Pertambangan Mineral Logam

Perusahaan pertambangan mineral logam di Indonesia terbagi menjadi  perusahaan yang sudah dalam tahapan produksi, konstruksi dan eksplorasi. Perusahaan pertambangan mineral logam yang sudah dalam tahap produksi sebagian besar adalah perusahaan besar yang sudah lama beraktivitas dalam industri pertambangan mineral di Indonesia. Perusahaan tersebut sebagian besar adalah perusahaan asing dan BUMN

Sementara itu perusahaan yang masih dalam tahapan konstruksi maupun eksplorasi  sebagian merupakan perusahaan baru, tetapi hampir semuanya beraktivitas dalam penambangan emas, yang tersebar di wilayah papua, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera.


Pemain Utama Industri Mineral Logam

Beberapa industri penambangan mineral logam di Indonesia adalah pemain kelas dunia yang cukup mendominasi, baik karena besarnya cadangan mineral, maupun produksinya yang mendominasi pasokan  mineral logam dunia. Diantara produsen tersebut antara lain PT Freeport Indonesia, PT Timah Tbk, PT Antam Tbk dan  PT Inco Tbk

PT Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia (PTFI) merupakan perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. PTFI menambang, memproses dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas dan perak. Beroperasi di daerah dataran tinggi di Kabupaten Mimika Provinsi Papua, Indonesia. Kompleks tambang PTFI di Grasberg merupakan salah satu penghasil tembaga dan emas terbesar di dunia, dan mengandung cadangan tembaga yang dapat diambil yang terbesar di dunia.

Tambang Terbuka Grasberg
Pada tambang terbuka Grasberg digunakan peralatan shovel dan truk besar untuk menambang bahan. Bahan tersebut termasuk klasifikasi bijih atau limbah, tergantung dari nilai ekonomis bahan tersebut. Alat shovel menggali bahan pada daerah-daerah berbeda di dalam tambang terbuka, dan memuat bahan ke atas truk angkut untuk dibawa keluar tambang terbuka.

Bijih ditempatkan ke dalam alat penghancur bijih dan diangkut ke pabrik pengolahan (mill) untuk diproses. Batuan limbah (overburden) dibuang dengan truk ke daerah-daerah penempatan yang telah ditentukan, atau ke dalam alat penghancur OHS pada jalan HEAT untuk ditempatkan di Wanagon Bawah di samping alat penimbun (stacker).

Tambang Bawah Tanah DOZ
Pada block cave DOZ, alat LHD (loader) meletakkan lumpur ke dalam ore pass yang menuju saluran pelongsor. Selanjutnya saluran tersebut memuat truk-truk angkut AD-55 pada tingkat angkutan untuk mengangkut bijih ke alat penghancur. Dari sana, bijih yang telah dihancurkan dikirim ke pabrik pemroses (mill) melalui ban berjalan (conveyor).

PT Timah (persero)Tbk

PT Timah Tbk yang 65% sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia dan 35% dimiliki  oleh publik, merupakan pemain utama industri  pertambangan timah di Indonesia dan salah satu pemasok terbesar timah dunia. PT Timah merupakan penghasil timah terbesar kedua di dunia dengan rata-rata kapasitas produksi 50.000 Mton per tahun atau menguasai sekitar 16% pangsa pasar timah dunia.

Jenis produk yang diproduksi oleh PT Tambang Timah dibedakan atas kualitas dan bentuknya. Berdasarkan kualitas produk dapat dibedakan atas Banka Tin (kadar Sn 99,9%), Mentok Tin (kadar Sn 99,85%), Banka Low Lead (Banka LL) dan Banka Four Nine (kadar Sn 99,99%). Berdasarkan bentuk terdiri dari Banka Small Ingot, Banka Tin Shot, Banka Pyramid dan Banka Anoda

Selain itu PT Timah Tbk juga tengah mengembangkan produk hilir timah yang memiliki margin yang lebih signifikan. Salah satunya adalah pembangunan pabrik timah chemical yang berlokasi di Cilegon, Banten. Pabrik yang memiliki kapasitas produksi sebesar 10.000 ton per tahun ini nantinya akan terus dikembangkan lagi sehingga kapasitas produksinya dapat  terus ditingkatkan.

PT Antam Tbk

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) merupakan perusahaan pertambangan yang sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia 65%  dan Masyarakat 35%, Antam menambang dan mengolah berbagai jenis mineral logam yang sebagian besar adalah untuk kebutuhan ekspor.

PT Antam Resourcindo yang merupakan perusahaan eksplorasi dan operator tambang dengan kepemilikan 99,98%.

PT Indonesia Chemical Alumina (ICA)
 yang merupakan perusahaan industri alumina dan jasa kontraktor pertambangan dan tengah mengembangkan proyek Chemical Grade Alumina Tayan dengan kepemilikan 80%. PT Cibaliung Sumberdaya (CSD) yang mengoperasikan tambang emas Cibaliung dengan kepemilikan saham Antam sebesar 99,15%.

PT Indonesia Coal Resources (ICR)
yang bergerak dalam bidang usaha pertambangan batubara dan tengah mengoperasikan tambang batubara Sarolangun dengan kepemilikan Antam sebesar 99,98%, Asia Pacific Nickel Pty. Ltd. (APN), sebuah perusahaan investasi dengan kepemilkan 100%.

PT Mega Citra Utama dan PT Borneo Edo International yang keduanya merupakan perusahaan pemilik ijin usaha pertambangan di komoditas bauksit dengan kepemilikan Antam di masing-masing perusahaan tersebut sebesar 99,5%.

PT Abuki Jaya Stainless Indonesia yang merupakan perusahaan pengolahan baja nirkarat dengan kepemilikan 99,5% .

PT Dwimitra Enggang Khatulistiwa yang merupakan merupakan perusahaan pemilik ijin usaha pertambangan di komoditas bauksit dengan kepemilikan 100%. Antam juga memiliki secara tidak langsung 100%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar