Kamis, 31 Januari 2013

Sekilas Tentang Teknik Pertambangan UNP


Sekilas Tentang Teknik Pertambangan UNP



Teknik pertambangan UNP sebenarnya telah ada semenjak 12 tahun yang lalu, yaitu pada tahun 2001. Diawal berdirinya teknik pertambangan UNP masih tergabung dalam jurusan teknik sipil fakultas teknik UNP. Saat itu teknik pertambangan UNP masih berupa program studi D3 (diploma). Baru pada tahun 2010 untuk pertama kalinya diterima mahasiswa melalui jalur SNMPTN undangan ataupun SNMPTN Tertulis dengan program studi S1 sebanyak 150 mahasiswa dan tahun 2011 sebanyak 221 mahasiswa.

Dengan diterimanya mahasiswa melalui jalur ini menandakan bahwa teknik pertambangan sudah mulai berdiri jurusan sendiri (tidak lagi tergabung ke jurusan teknik sipil). Secara yuridis ini dinyataan dalam keputusan rektor Universitas Negeri Padang Nomor: 141/un35/kp/2011 pada tanggal 19 juli 2011. Saat ini teknik pertambangan telah mendapatkan bantuan dana untuk membangun gedung serta peralatan sendiri. Teknik pertambangan juga sudah membangun kerjasama dengan persatuan perusahaan batubara indonesia. Juga sudah menjajaki kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung. Ini ditandakan dengan mulai digelarnya Hybrid Teaching yaitu beberapa orang dosen FTTM ITB yang mengisi mata kuliah di teknik pertambangan UNP pada semester 1 ditahun 2012 kemarin.

Dengan telah berusia 12 tahunnya teknik pertambangan UNP menandkan bahwa alumni telah tersebar diberbagai industri pertambangan di tanah air. Bahkan biasanya sebelum tamat tak jarang mereka yang mendapatkan panggilan kerja. Juga banyaknya iklan lowongan pekerjaan yang mampir di jurusan.

Untuk itu kami mengundang segenap putra-putri terbaik bangsa yang akan melabuhkan masa depannya. Untuk menancapkan jangkar nya di teknik pertambangan UNP. Kami menanti kedatangan adik-adik untuk menjadi ahli-ahli pertambangan. Yang akan memanfaatkan sumber daya dan membangun negri tercinta ini.

Salam tambang.

o ya bagi yg mau bersilaturahmi silahkan di
@arghi_holmes
ditunggu yaaa... :)

3 komentar:

  1. maaf nnya dkit..|
    teknik pertambangan UNP...
    tamatny dpat gelar apa y? ST ap SPd

    BalasHapus
  2. Kalau untuk masuk lwat snmptn apa yg harus d tngkatkan bg???

    BalasHapus
  3. yg cewek bnyk ga yg masuk jurusan ini?

    BalasHapus